Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif BAB 1-3

Contoh proposal penelitian kuantitatif sering dicari, terutama oleh mahasiswa yang mendapat tugas membuat proposal penelitian. Banyak mahasiswa merasa takut bukan karena mereka tidak mampu, tetapi karena mereka belum memahami bentuk dan tujuan dari penelitian kuantitatif. …

contoh proposal penelitian kuantitatif

Contoh proposal penelitian kuantitatif sering dicari, terutama oleh mahasiswa yang mendapat tugas membuat proposal penelitian. Banyak mahasiswa merasa takut bukan karena mereka tidak mampu, tetapi karena mereka belum memahami bentuk dan tujuan dari penelitian kuantitatif.

Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas tentang contoh kerangka teori dalam proposal penelitian kuantitatif. Simak baik-baik!

Pengertian Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan angka dan perhitungan statistik untuk mengumpulkan serta menganalisis data. Dalam pendekatan ini, matematika menjadi dasar dalam mengolah informasi yang diperoleh.

Sederhananya, penelitian kuantitatif meneliti suatu fenomena dengan cara mengukur dan menghitungnya dalam bentuk angka. Metode ini sering digunakan untuk mencari pola, hubungan, atau kecenderungan tertentu dalam suatu topik penelitian.

Tujuan Penelitian Kuantitatif

Berikut ini beberapa tujuan penelitian kuantitatif:

  • Penelitian kuantitatif bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian berdasarkan teori yang sudah ada. Penelitian ini biasanya menggunakan pendekatan yang bersifat objektif dan tidak terlalu dalam.
  • Mengembangkan model matematis, melainkan juga membangun hipotesis yang berhubungan dengan keadaan nyata.
  • Untuk menentukan variabel penelitian dalam suatu populasi yang dilakukan melalui eksperimental.

Cara Menentukan Penelitian Kuantitatif

Berikut ini adalah langkah-langkah menentukan penelitian kuantitatif:

1. Merumuskan Latar Belakang

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan merumuskan latar belakang. Kamu bisa menguraikan atau menambahkan alasan mengapa mengambil penelitian.

2. Membuat Rumusan Masalah

Setelah menentukan merumuskan latar belakang, kamu bisa membuat rumusan masalah yang relevan dengan tema atau topik yang kamu angkat.

3. Menentukan Landasan Teori

Landasn teori berfungsi untuk mengkaji literatur yang jadi sandaran peneliti untuk menemukan jawaban atas rumusan masalah yang sudah ditentukan.

4. Merumuskan Hipotesis

Hipotesis adalah pernyataan sementara yang berfungsi sebagai dasar penelitian dan akan diuji kebenarannya melalui proses penelitian ilmiah. Hipotesis bukan sekadar dugaan, tetapi didasarkan pada teori, data, dan observasi yang telah ada.

5. Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data kuantitatif adalah langkah yang bertujuan untuk memperoleh informasi akurat sebagai dasar dalam menemukan solusi atas permasalahan yang dikaji.

Proses ini memerlukan penggunaan instrumen penelitian yang dirancang secara sistematis untuk memastikan data yang dikumpulkan benar-benar relevan.

6. Kesimpulan

Kesimpulan berisi tentang garis besar hasil penelitian yang telah dilakukan, mulai dari latar belakang hingga akhir.

Baca Juga:

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Berikut ini adalah contoh proposal penelitian kuantitatif pendidikan mulai dari bab 1 sampai bab 3:

Pengaruh Permainan Kartu Bergambar terhadap Perilaku Jajan Sehat pada Anak Usia Sekolah

BAB I: PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perilaku jajan yang tidak sehat pada anak usia sekolah dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mereka. Penting untuk menemukan metode edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran anak tentang jajan sehat.

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah permainan kartu bergambar yang dirancang khusus untuk mengedukasi anak mengenai pilihan makanan sehat.

1.2 Rumusan Masalah
  1. Apakah permainan kartu bergambar efektif dalam meningkatkan perilaku jajan sehat pada anak usia sekolah?​
  2. Seberapa besar pengaruh permainan kartu bergambar terhadap pemahaman anak tentang makanan sehat?​
1.3 Tujuan Penelitian
  1. Mengetahui efektivitas permainan kartu bergambar dalam meningkatkan perilaku jajan sehat pada anak usia sekolah.​
  2. Mengukur tingkat pemahaman anak tentang makanan sehat setelah menggunakan permainan kartu bergambar.​
1.4 Manfaat Penelitian
  • Manfaat Teoritis: Menambah wawasan mengenai metode edukasi kesehatan yang efektif untuk anak usia sekolah.​
  • Manfaat Praktis: Memberikan alternatif metode edukasi bagi guru dan orang tua dalam mengajarkan perilaku jajan sehat kepada anak.​

BAB II: TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Penelitian Terdahulu

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa metode edukasi interaktif, seperti permainan, dapat meningkatkan pemahaman dan perilaku positif pada anak. Namun, penelitian spesifik mengenai penggunaan permainan kartu bergambar untuk edukasi jajan sehat masih terbatas.​

2.2 Landasan Teori

Teori pembelajaran konstruktivis menyatakan bahwa anak belajar lebih efektif melalui pengalaman langsung dan interaksi. Permainan kartu bergambar dapat menjadi media yang sesuai untuk mendukung proses pembelajaran ini.

2.3 Kerangka Konseptual

Permainan kartu bergambar dirancang dengan gambar dan informasi tentang makanan sehat dan tidak sehat. Anak-anak akan bermain sambil belajar mengenali dan memilih makanan yang baik untuk kesehatan mereka.​

BAB III: METODE PENELITIAN

3.1 Desain Penelitian

Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dengan pendekatan pre-test dan post-test pada satu kelompok.​

3.2 Populasi dan Sampel

  • Populasi: Anak usia sekolah di SD X Surabaya.​
  • Sampel: 30 siswa kelas IV yang dipilih secara purposive sampling.​

3.3 Teknik Pengumpulan Data

  • Kuesioner: Untuk mengukur pengetahuan dan perilaku jajan sehat sebelum dan sesudah intervensi.​repository.unair.ac.id
  • Observasi: Untuk melihat langsung perubahan perilaku jajan siswa.​

3.4 Instrumen Penelitian

  • Permainan Kartu Bergambar: Kartu yang berisi gambar dan informasi tentang makanan sehat dan tidak sehat.​
  • Lembar Observasi: Untuk mencatat perilaku jajan siswa selama periode penelitian.​

3.5 Teknik Analisis Data

Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan uji statistik paired t-test untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah intervensi.​

Daftar Pustaka

  • Azizah, Kholidatul. “Pengaruh Permainan Kartu Bergambar terhadap Perilaku tentang Jajan Sehat pada Anak Usia Sekolah.” Skripsi, Universitas Airlangga

Nah itu artikel dari Dosen Mahasiswa tentang contoh proposal penelitian kuantitatif bab 1-3 yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat penelitian.

Referensi:

Azizah, Kholidatul. “Pengaruh Permainan Kartu Bergambar terhadap Perilaku tentang Jajan Sehat pada Anak Usia Sekolah.” Skripsi, Universitas Airlangga Di Akses pada 3 Maret 2025

Gramedia. “Contoh Penelitian Kuantitatif.” Gramedia Literasi, 2024, https://www.gramedia.com/literasi/contoh-penelitian-kuantitatif/. Diakses pada 3 Maret 2025.